Jumat, 15 Mei 2020

Manfaat Sholat Sunnah 8E

Shalat Sunah yang Manfaatnya Luar Biasa

Jenis-Sholat-Sunnah
Ada banyak macam shalat sunnah yang bisa dikerjakan. Berikut diantaranya.

1. Shalat Dhuha

Shalat Dhuha ialah salat sunnah yang boleh dikerjakan sendiri ataupun berjamaah. Waktu untuk melaksanakan shalat dhuha ialah pada pagi hari sekitar jam 08.00 pag sampai pukul 12:00 siang.
Rasulullah bersabda:
َمَنْ صَلَّى الضُّحٰى اِثْنَتٰى عَشَرَةَ رَكْعَةً بَنَى اللهُ لَهُ قَصْرًا فِى الْجَنَّةِ
Artinya:
“Barang siapa yang melakukan sholat Dhuha dua belas rakaat, Allah akan membuatkan baginya istana di surga” (H.R. Tirmidzi dan Ibnu Majah).
Dari hadist diatas, sholat dhuha memiliki keutamaan dan manfaat yang luar biasa. Bagi siapa saja umat muslim yang mengerjakan shalat sunnah dhuha akan dibuatkan istana di surga.
Manfaat lain dari melakukan shalat ini ialah akan dicukupkan kebutuhannya oleh Allah.

2. Shalat Rawatib

Shalat Wawatib adalah shalat yang dilakukan sebelum ataupun sesudah melakukan shalat wajib. Sebelum shalat fardu disebut “qabliyah” sedangkan setelah shalat fardu disebut “ba’diyah”.
Shalat sunnah rawatib yang dilarang adalah shalat rawatib sesudah subuh dan sesudah asar. Karena pada waktu tersebut terdapat waktu-waktu yang diharamkan melakukan sholat.
Rasulullah Bersabda:
“Barang siapa mengerjakan shalat rawatib sebanyak 12 rakaat sehari semalam, dibuat baginya oleh Allah rumah di dalam surga.”
Inilah janji Allah untuk yang mengamalkan dan mengerjakan shalat sunnah rawatib. Untuk itu shalat sunnah ini memiliki pahala, manfaat dan keutamaan yang besar.

3. Shalat Tahajud

Shalat tahajud merupakan shalat sunah yang waktu pengerjaannya ialah di malam hari. Jumlah rakaat shalat tahajud adalah minimal 2 rakaat dan maksiml 12 rakaat.
Untuk menjalankannya seseorang dianjurkan untuk tidur terlebih dahulu. Walaupun kalau tidak diawali dengan tidur juga juga gak apa-apa.
Rasulullah bersabda:
“Barangsiapa melaksanakan shalat tahajud dengan sebaik-baiknya, dan dengan tata tertib yang rapi, maka Allah SWT akan memberikan 9 macam kemuliaan yaitu 5 macam di dunia dan 4 macam di akhirat.”
Dari hadist diatas, dapat dipahami kalau shalat tahajud memiliki keutamaan, manfaat dan pahala yang luar biasa. Bagi yang mengerjakannya akan mendapatkan 9 macam kemuliaan dengan 5 macam kemuliaan di dunia dan 4 macam kemuliaan di akherat.
Ada 3 bagian waktu melakukan shalat tahajud.
1. Sepertiga malam pertama
Waktu sepertiga malam pertama adalah setelah shalat Isya sampai dengan sekitar pukul 10.30. Diusahakan shalat tahajud dilakukan setelah bangun tidur walau hanya sebentar.
2. Sepertiga malam kedua
Shalat tahajud dapat dilakukan di waktu sepertiga malam kedua. Sholat tahajud di sepertiga malam kedua adalah antara pukul 10.30 malam hingga 01.30 pagi.
3. Sepertiga malam ketiga
Waktu sepertiga malam terakhir ini antara antara pukul 01.30 pagi hingga sebelum memasuki waktu subuh.
Dari ketiga waktu ini, waktu terbaik untuk melakukan shalat tahajud ialah pada waktu sepertiga akhir malam. Jika ingin melakukan shalat tahajud, pastikan Anda sudah melakukan shalat wajib isya’ terlebih dahulu.

4. Shalat Istikharah

Banyak orang yang melakukan shalat istikharah saat ada pada kondisi bingung atau bimbang. Harapannya, dengan melakukan shalat istikharah, Allah SWT akan memberikan petunjuk sehingga keputusan yang diambilnya tepat.
Pada Al Quran dalam surah Al Baqarah ayat 216, Allah telah mengingatkan:
وَ عَسٰۤی اَنۡ تَکۡرَہُوۡا شَیۡئًا وَّ ہُوَ خَیۡرٌ لَّکُمۡ ۚ وَ عَسٰۤی اَنۡ تُحِبُّوۡا شَیۡئًا وَّ ہُوَ شَرٌّ لَّکُمۡ ؕ وَ اللّٰہُ یَعۡلَمُ وَ اَنۡتُمۡ لَا تَعۡلَمُوۡنَ
Artinya:
“Boleh jadi, kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu dan boleh jadi (pula) kamu menyukai semua, padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al Baqarah ayat 216).
Dari firman Allah diatas dapat dipahami kalau pilihan terbaik dari Allah pastilah adalah pilihan terbaik untukmu.
Shalat ini bisa dilakukan kapan saja. Namun, akan lebih utama jika dilakukan pada sepertiga malam terakhir. Jika Anda melakukannya dengan khusyu’, segala keragu-raguan akan hilang karena Allah akan memberikan petunjuk untuk menentukan pilihan.

5. Shalat Hajat

Apabila Anda punya suatu keinginan, mintalah kepada Allah SWT supaya mengabulkannya. Salah satu caranya ialah melakukan shalat hajat dengan khusyuk’.
Rasulullah bersabda:
“Barangsiapa berwudhu dan menyempurnakannya, kemudian mengerjakan sholat dua raka’at (Shalat hajat) dengan sempurna maka Allah memberi apa saja yang ia minta, baik segera maupun lambat”, (HR. Ahmad).
Anda bisa meminta sesuatu yang diinginkan kepada Allah melalui shalat ini. Bisa dibilang bahwa shalat hajat menjadi cara terbaik untuk mengadu kepada Allah SWT. Anda akan merasa lebih dekat dengan Allah SWT dan hatipun menjadi tenang.

6. Shalat Witir

Shalat witir adalah shalatnya para kekasih Allah. Sholat witir ini merupakan salah satu shalat sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah.
Rasulullah bersabda:
“Wahai ahli Quran, lakukanlah shalat Witir, sesungguhnya Allah itu witir (ganjil) dan Dia suka kepada sholat Witir.” (HR. Ahmad dan Yirmidzi).
Shalat witir sebagai shalat penutup dari shalat-shalat lainnya pada hari itu. dari hadist diatas disebutkan bahwa Allah sangat menyukai hamba-Nya yang menjalankan shalat witir.
Rasulullah bersabda:
“Ada tiga hal yang fardhu bagiku dan sunnah bagi kalian, yaitu witir (shalat Witir), bersiwak, dan qiyamul lail”,  (HR. Bukhari dan Muslim).
Shalat witir wajib gabi Rasulullah, berarti shalat witir ini memiliki keutamaan dan manfaat yang luar biasa. Bagi umatnya shalat witir ini sunnah yang sangat dianjurkan.
Jumlah rakaat shalat witir adalah ganjil, dengan minimal 1 rakaat. Dan waktu pengerjaannya yaitu setelah isya’ sampai waktu sebelum subuh.

7. Shalat Taubat

Manusia tidak luput dari kesalahan. Allah SWT sangat menyukai orang-orang yang mau berubah dan bertobat dari kesalahan yang pernah dilakukannya, baik itu kesalahan besar ataupun kecil.
Salah satu cara untuk memohon ampun kepada Allah SWT ialah dengan melakukan shalat taubat. Di sini, Anda bisa meminta ampunan dari dosa-dosa yang dilakukan sekaligus berjanji tidak akan mengulangi kesalahan tersebut.
Jumlah minimalnya ialah 2 rakaat dan maksimal 6 rakaat.

8. Shalat Wudhu

Hal wajib yang dilakukan ketika akan melakukan shalat ialah berwudhu. Shalat wudhu ialah shalat yang dikerjakan setelah melakukan wudhu. Sebagai contoh, sebelum melakukan shalat maghrib, Anda menjalankan shalat ini setelah wudhu dan sebelum shalat magrib. Jumlah rakaatnya ialah 2 rakaat.

9. Shalat Tahiyatul Masjid

Sesuai dengan namanya, tujuan melakukan sholat tahiyatul masjid bertujuan memberikan penghormatan pada tempat ibadah masjid. Anda bisa melakukannya kapan saja saat melakukan shalat jamaah di masjid.
Sholat ini dikerjakan sebelum melakukan sholat di Masjid.

10. Shalat Tasbih

Asal muasal nama shalat tasbih ialah karena terdapat bacaan 300 kali tasbih. Jumlahnya ialah 4 rakaat. Shalat tasbih ini boleh dikerjakan setiap hari, satu minggu sekali, satu bulan sekali, ataupun satu kali seumur hidup.
Rasulullah SAW menyarankan kepada umatnya untuk melakukan ibadah shalat tasbih ini karena pahalanya sangat besar.
Demikian ulasan tentang shalat sunnah yang memiliki manfaat, keutamaan dan keistimewaan luar biasa. Lakukanlah shalat sunah sebagai penyempurna ibadah Anda. Anda bisa memilih jenis shalat sunnah mana sesuai dengan momen dan kebutuhan.

Pertanyaan:
Jelaskan menurut pendapatmu. Apa manfaat materi tersebut di atas buat diri mu? ( Jawab di komentar )

70 komentar:

  1. Nama:Laudy
    Kelas:8E

    Jawab:
    - Menutupi kekurangan sholat wajib
    - Menambah kedekatan pada Allah
    - Menambah pahala

    BalasHapus
  2. Annisa
    8E

    Jawab:
    - Menutupi kekurangan sholat wajib
    - Menambah kedekatan pada Allah
    - Menambah pahala

    BalasHapus
  3. Farida Febrian
    8E

    — Menutupi kekurangan sholat wajib
    — Menambah kedekatan pada Allah
    — Menambah pahala

    BalasHapus
  4. Melda 8E

    Jawab:
    - Menutupi kekurangan sholat wajib
    - Menambah kedekatan pada Allah
    - Menambah pahala

    BalasHapus
  5. Klara 8e

    Jawab:
    - Menutupi kekurangan sholat wajib
    - Menambah kedekatan pada Allah
    - Menambah pahala

    BalasHapus
  6. Aina 8e

    Jawab:
    - Menutupi kekurangan sholat wajib
    - Menambah kedekatan pada Allah
    - Menambah pahala

    BalasHapus
  7. NATTA 8E

    Jawab:
    - Menutupi kekurangan sholat wajib
    - Menambah kedekatan pada Allah
    - Menambah pahala

    BalasHapus
  8. Athallah Rafif A
    Kelas 8E
    Jawab:
    1. Pahala bertambah
    2. Menambahkan kesempurnaan shalat wajib
    3. Disediakan jalan keluar dari segala masalah dan diberikan rezeki yang cukup oleh Allah SWT

    BalasHapus
  9. Balqis zahra
    8eKlara 8e

    Jawab:
    1.Menutupi kekurangan sholat wajib
    2.Menambah kedekatan pada Allah
    3.Menambah pahala

    BalasHapus
  10. Irfan raihan 9G
    Jawab:
    1 pahala bertambah
    2 menambahkan kesempurnaan sahalat wajib.
    3 di sediakan jalan keluar dari segala masalah dan di berikan rezeki yang cukup oleh allah SWT

    BalasHapus
  11. Nur Arafah 8e
    Jawab:
    1.menutupi kekurangan solat wajib
    2.menambah kedekatan kepada Allah
    3.menambah pahala

    BalasHapus
  12. M Nurhafezi Pratama 9G
    Jawab:
    1.menutupi kekurangan shalat wajib
    2.Memperlancar berbagai rezeki
    3.pendekatan kepada Allah

    BalasHapus
  13. Arjun m syawal 9d

    Jawab:
    - Menutupi kekurangan sholat wajib
    - Menambah kedekatan pada Allah
    - Menambah pahala

    BalasHapus
  14. Ikhbar maulana rifanza 9G

    Jawab:
    -menutupi kekurangan sholat wajib
    -menambah kedekatan pada allah
    -mempelancar berbagai rezeki

    BalasHapus
  15. Alhamdulilah.Terima kasih anak anak. Semoga materi yang ibu berikan dapat menjadi pedoman untuk menjadi lebih baik sesuai perintah Allah. SWT 😊😊😊

    BalasHapus
  16. Sherly arpansa 8f

    Jawab:
    - Menutupi kekurangan sholat wajib
    - Menambah kedekatan pada Allah
    - Menambah pahala

    BalasHapus
  17. Gama thorfa 8f

    Jawab:
    -menutupi kekurangan sholar wajib
    -menambah kedekatan pada allah
    -menambah pahala

    BalasHapus
  18. Febriyanazalianti 8f


    Jawab:
    -Menutupi Kekurangan Sholat Wajib
    -menambahkan Kedekatan Pada Allah
    -Menambahkan Pahala

    BalasHapus
  19. Hagista pratiwi 8F

    Jawab :
    -Menutupi Kekurangan shalat wajib
    -Menambah Kedekatan Pada Allah
    -Menambah Pahala

    BalasHapus
  20. Nama:Dewinta Fortuna Augustin
    Kls :VIII/F

    Jawab :
    -Menutupi Kekurangan shalat wajib
    -Menambah Kedekatan Pada Allah
    -Menambah Pahala

    BalasHapus
  21. Nama Bagas Fadhil Haryanto
    8F

    Jawab
    * Menutupi kekurangan-kekurangan sholat wajib
    * Menambah pahala
    * Mendekatkan diri kepada allah

    BalasHapus
  22. Nama:Wira Satria
    Kelas:8F

    Jawab:
    -menutupi kekurangan sholar wajib
    -menambah kedekatan pada allah
    -menambah pahala

    BalasHapus
  23. Nama:Neza agnesia
    Kelas:8D

    Jawab:
    -menutupi kekurangan sholar wajib
    -menambah kedekatan pada allah
    -menambah pahala

    BalasHapus
  24. Nama : Kamila Rahma Dyanti
    Kelas : 8F

    Jawab :
    ~menutupi kekurangan solat wajib
    ~menambah kedekatan pada Allah SWT
    ~menambah pahala

    BalasHapus
  25. Bunga Nur Aprilia
    8F

    — Menutupi kekurangan sholat wajib
    — Menambah kedekatan pada Allah
    — Menambah pahala

    BalasHapus
  26. falsya nanda alifia
    8f

    *Menutupi kekurangan sholat wajib
    *Menambah kedekatan pada Allah
    *Menambah pahala

    BalasHapus
  27. Nama :Siti astiya zulfa
    Kelas :8D

    Jawab :
    •Menutupi kekurangan sholar wajib
    •Menambah kedekatan pada allah
    •Menambah pahala

    BalasHapus
  28. nama:m.rizki asady
    kelas:8f

    jawab:
    •menutupi kekurangan sholat wajib
    •menambah kedekatan pada allah
    •menambah pahala

    BalasHapus
  29. Nama:Najwa Azzukhrufiah
    Kelas:8D

    Jawab:
    - Menutupi kekurangan sholat wajib
    - Menambah kedekatan pada Allah
    - Menambah pahala

    BalasHapus
  30. Nama : M.rahmad.dani
    Kelas: 8F

    Jawab :
    •Menutupi kekurangan sholar wajib
    •Menambah kedekatan pada allah
    •Menambah pahala

    BalasHapus
  31. Nama:m.rafif fahrawi
    Kelas:8f
    Jawab
    -menutupi kekurangan sholat wajib
    -memperlancar rezeki
    -menambah kedekatan Allah swt

    BalasHapus
  32. Nama : Rifki Yudika Perdana
    Kelas: 8D

    Jawab :
    •Menutupi kekurangan-kekurangan sholat wajib
    •Menambah pahala
    •Mendekatkan diri kepada allah

    BalasHapus
  33. Nama : Riffa Yudika Permana
    Kelas: 8d

    Jawab :
    •Menutupi kekurangan-kekurangan sholat wajib
    •Menambah pahala
    •Mendekatkan diri kepada allah.

    BalasHapus
  34. Ferdi yawan saputra

    jawab=- Menutupi kekurangan sholat wajib
    - Menambah kedekatan pada Allah
    - Menambah pahala

    BalasHapus
  35. Nama : Ayu maharani
    Kelas : 8d

    Jawab:
    -menutupi kekurangan sholar wajib
    -menambah kedekatan pada allah
    -menambah pahala

    BalasHapus
  36. Nama : Adara Elma
    Kelas : 8d

    Jawab:
    -menutupi kekurangan sholar wajib
    -menambah kedekatan pada allah
    -menambah pahala

    BalasHapus
  37. Abel nadila zahra
    Kls 8d


    Jawab:
    ° Menutupi kekurangan sholat wajib
    ° Menambah kedekatan pada Allah
    ° Menambah pahala

    BalasHapus
  38. Luthfia salsabila sungkar
    Kelas=8F

    •menutupi kekurangan sholat wajib
    •mendekatkan diri kepada allah
    •menambah pahala

    BalasHapus
  39. Nama:Asyifa nur annisa
    Kelas:8D
    Jawab:
    -menutupi kekurangan sholat wajib
    -menambah kedekatan pada allah
    -menambah pahala

    BalasHapus
  40. Bagas Adji Wirangga
    8F

    Jawab
    -menutupi kekurangan sholat wajib
    -memperlancar rezeki
    -menambah kedekatan Allah swt

    BalasHapus
  41. Rizky Kurniawan 8D

    Jawab:
    -menutupi kekurangan sholat wajib.
    -menambah kedekatan pada allah.
    -serta menambah pahala.

    BalasHapus
  42. Nama : Dzakwan Richy Hasibuan
    Kelas:8D
    Jawab:
    - Menutupi kekurangan sholat wajib
    - Menambah kedekatan pada Allah
    - Menambah pahala

    BalasHapus
  43. Nama : salsabilah puspa p.e
    Kelas : 8d

    Jawab:
    -menutupi kekurangan sholar wajib
    -menambah kedekatan pada allah
    -menambah pahala

    BalasHapus
  44. Nama : azzuri ramadhan
    Kelas : 8f

    Jawab:
    -menutupi kekurangan sholar wajib
    -menambah kedekatan pada allah
    -menambah pahala

    BalasHapus
  45. Nama:Bima Cahya Ramadhan
    Kls:8d
    Jawab:
    - Menutupi kekurangan sholat wajib
    - Menambah kedekatan pada Allah
    - Menambah pahala

    BalasHapus
  46. Nama:Amanda Fitri Yani
    Kelas:8d
    Jawab:
    - Menutupi kekurangan sholat wajib
    - Menambah kedekatan pada Allah
    - Menambah pahala

    BalasHapus
  47. Nama:Dedi setiawan
    Kls:8D

    Jawab:
    -menutupi kekurangan sholar wajib
    -menambah kedekatan pada allah
    -menambah pahala

    BalasHapus
  48. Firza 9B

    •Menutupi kekurangan shalat wajib
    •Menambah kedekatan pada allah
    •Menambah pahala

    BalasHapus
  49. Nama:Dedi setiawan
    Kls:8D

    Jawab:
    - Menutupi kekurangan sholat wajib
    - Menambah kedekatan pada Allah
    - Menambah pahala

    BalasHapus
  50. Nama:Aditya zikri
    Kelas:8g

    Jawab :
    •Menutupi kekurangan-kekurangan sholat wajib
    •Menambah pahala
    •Mendekatkan diri kepada allah

    BalasHapus
  51. Satria belladi
    8G

    - menutupi kekurangan sholat wajib
    - menambah pahala
    - mendekatkan diri kepada Allah SWT

    BalasHapus
  52. Nama : Suci Ramadhani
    Kelas : 8G

    Jawab:
    -menutupi kekurangan sholar wajib
    -menambah kedekatan pada allah
    -menambah pahala

    BalasHapus
  53. Raya Aurelli H
    8G

    -menutupi kekurangan sholar wajib
    -menambah kedekatan pada allah
    -menambah pahala

    BalasHapus
  54. M. Didan Alifio F.

    Jawab:
    -menutupi kekurangan sholar wajib
    -menambah kedekatan pada allah
    -menambah pahala

    BalasHapus
    Balasan
    1. Affan fazle m.
      8G

      Jawab :


      1 menjauh kan dari hal hal yg dilarangnya
      2 bertamab amalan amalan sunnah yg bila dikerjakan menambah pahala
      3 terhindar dari perkerjaan yg tidak baik dan kemungkaran

      Hapus
  55. Muhammad rafha pratama
    8G



    Jawab:
    1.Menutupi kekurangan sholat wajib
    2.Menambah kedekatan pada Allah
    3.Menambah pahala

    BalasHapus
  56. Nurliza dasyu
    8G

    1.Menutupi kekurangan sholat wajib
    2.Menambah kedekatan pada Allah
    3.Menambah pahala

    BalasHapus
  57. Nama:Natasya Fanesia
    kelas:8G

    1.Menutupi kekurangan sholat wajib
    2.Menambah kedekatan pada Allah
    3.Menambah pahala

    BalasHapus
  58. Melda 8E

    1.Menutupi kekurangan sholat wajib
    2.Menambah kedekatan pada Allah
    3.Menambah pahala

    BalasHapus
  59. Klara
    8e

    Jawab:
    - Menutupi kekurangan sholat wajib
    - Menambah kedekatan pada Allah
    - Menambah pahala

    BalasHapus
  60. farida 8E

    1.Menutupi kekurangan sholat wajib
    2.Menambah kedekatan pada Allah
    3.Menambah pahala

    BalasHapus
  61. Annisa 8E

    1.Menutupi kekurangan sholat wajib
    2.Menambah kedekatan pada Allah
    3.Menambah pahala

    BalasHapus
  62. Gagah Arifa 9D

    Jawab:
    - Menutupi kekurangan sholat wajib
    - Menambah kedekatan pada Allah
    - Menambah pahala

    BalasHapus
  63. Nur arafah
    -menutupi kekurangan sholat wajib
    -menambah kedekatan kepada Allah
    -menambah pahala

    BalasHapus
  64. Neli Rahma Wati
    8E

    Jawab:
    - Menutupi kekurangan sholat wajib
    - Menambah kedekatan pada Allah
    - Menambah pahala

    BalasHapus
  65. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  66. Tri febrianto 9D

    Jawab:
    - Menutupi kekurangan sholat wajib
    - Menambah kedekatan pada Allah
    - Menambah pahala

    BalasHapus
  67. Athallah Rafif A 8E

    Jawab:
    1. Menambah kesempurnaan shalat wajib
    2. Menambah pahala
    3. Allah SWT akan meninggikan derajat kita di sisi-Nya

    BalasHapus
  68. Rizky adrian saputra 8G

    Jawab:
    - Menutupi kekurangan sholat wajib
    - Menambah kedekatan pada Allah
    - Menambah pahala

    BalasHapus
  69. Permisi...numpang lewat,buat kamu yang lagi bosan dan ingin mengisi waktu luang dengan menambah penghasilan yuk gabung di di situs kami www.fanspoker.com
    kesempatan menang lebih besar yakin ngak nyesel deh ^^,di tunggu ya.
    Kini Hadir Deposit via Pulsa Telkomsel / XL ( Online 24 Jam )
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus