Selasa, 14 Juli 2020

Menggambar Model Kelas 8G

Pengertian Menggambar Model.
Model adalah objek pada gambar yang menjadi bahan ispirasi dalam kegiatan menggambar model.
Menggambar model ialah kegiatan menggambar dengan menentukan objek pada gambar berupa objek tiga dimensi yang digambar atau direkam diatas bidang dua dimensi dengan ketentuan, kemiripan/ ketepatan, bentuk dan warna.

Objek gambar model sangat beragam diantaranya yaitu objek benda hidup (manusia, hewan dan tumbuhan), dan benda mati (gelas, piring, botol, mangkuk, dan lain-lain).
Dalam menggambar model benda hidup seperti manusia, hewan, dan tumbuhan mempunyai tingkat kesulitan yang cukup tinggi dalam menggambar.

Prinsip Prinsip Menggambar Model

Untuk menciptakan hasil gambar yang baik dan benar diperlukan penerapan prinsip-prinsip menggambar model, yang terdiri dari:
  1. Komposisi
Komposisi yaitu susunan atau tata letak objek pada gambar antara objek gambar yang satu dengan yang lainnya sehingga menjadi satu kesatuan bentuk yang harmonis.
Komposisi ialah cara mengatur susunan objek gambar yang dipakai sebagai model gambar, sehingga hasil gambar tampak menarik, harmonis dan berkualitas.
Komposisi dapat dilakukan dengan cara mengatur susunan objek gambar menurut bentuk, ukuran, warna, ataupun jenis objek gambar dengan latar belakang gambar.
Jenis-jenis komposisinya  antara lain adalah sebagai berikut:
  • Kompisisi Simetris
Adalah susunan objek gambar pada posisi seimbang antara sisi kiri dan sisi kanan baik dalam susunan bentuk ataupun objeknya.
  • Komposisi Asimetris
Adalah susunan objek gambar dalam posisi ataupun ukuran yang tidak sama antara sisi kiri dan sisi kanan, namun masih tetap memperhatikan proporsi, keseimbangan, dan kesatuan antar objek gambar.
  • Komposisi Sentral
Adalah Susunan objek gambar pada posisi ditengah-tengah bidang gambar sebagai pusat perhatian, dengan memperhatikan proporsi bentuk dan model gambar agar terwujudnya keseimbangan dan kesatuan antar objek gambar.
  1. Proporsi
Proporsi ialah perbandingan ukuran dan bentuk objek antara bagian satu dengan bagian yang lain secara ideal dan harmonis.
Namun jika gambar dibuat tanpa memperhatikan proporsi yang tepat, maka akan terkesan janggal dan tidak nyaman di lihat.
Sebagai contoh misalnya menggambar benda berupa peralatan minum seperti gelas, porong, dan kendi tanpa memperhatikan proporsi yang tepat akan sangat janggal dan kurang harmonis jika ukuran gelas sama dengan ukuran porong dan kendi.
  1. Keseimbangan
Keseimbangan ialah keselarasan antara objek gambar, bidang gambar dan gambar yang diciptakan. Keseimbangan dalam menggambar model bisa di dapatkan dengan cara memberikan efek perspektif pada objek gambar, sudut pandang gambar, ataupun dengan cara membuat skala.
  1. Kesatuan
Kesatuan ialah penataan unsur dengan cara menyatukan unsur satu dengan unsur lainnya berdasarkan bentuk, ukuran ataupun jenisnya, sehingga mendapatkan hubungan yang kuat, erat, dan saling mendukung antar satu dengan yang lain
Kesatuan juga bisa diartikan keserasian dalam mengatur objek gambar sehingga objek yang diatur antara satu dengan lainnya mempunyai kesan ruang, kedalaman, dan saling mendukung antar objek satu dengan yang lainnya sehingga menciptakan gambar yag baik.

Unsur-Unsur Gambar Model

 

Menggambar model adalah bagian dari seni rupa, jadi unsur-unsur gambar model sama dengan unsur-unsur dalam seni rupa, diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Titik
Unsur titik adalah unsur seni rupa dalam hal ini gambar model yang paling sederhana. Unsur titik akan tampak dan berarti jika dalam jumlah yang banyak. Gabungan dari banyak titik-titik akan menjadi sebuah garis.
  1. Garis
Garis ialah unsur seni rupa yang tercipta dari gabungan atau rangkaian titik-titik yang terjalin dalam kesatuan memanjang dengan kedua ujung terpisah.
Terdapat bermacam-macam bentuk garis, seperti garis lurus, garis, putus-putus, garis lengkung, garis berombak, garis zigzag, garis tebal, garis tipis, garis halus, dan garis lainnya.
  1. Bidang
Bidang adalah unsur seni rupa (gambar model) yang terbentuk dari gabungan atau pertemuan dari beberapa garis.
Bentuk bidang bisa dikategorikan ke dalam beberapa macam, antara lain seperti bidang geometris, bidang nongeometris, bidang biomorfosis, dan bidang bersudut.
  1. Bentuk
Bentuk adalah unsur seni rupa (gambar model) yang terbentuk dari gabungan beberapa bidang yang membentuk ruang atau volume. ada beberapa macam jenis bentuk, seperti bentuk kubistis, silindris, limas, prisma, kerucut, bola, dan lain-lain.
  1. Warna
Warna adalah kesan yang dihasilkan oleh pantulan cahaya pada mata. Terdapat bermacam-macam warna yang secara umum dapat dikategorikan ke dalam dua macam, yaitu spektrum warna (me-ji-ku-hi-bi-ni-u) dan pigmen yang berwarna (warna primer, sekunder, tersier, komplementer, dan analog).
  1. Tekstur
Tekstur adalah nilai permukaan suatu benda sehingga dapat memberikan kesan tertentu jika dirasakan menggunakan indera peraba, sehingga dapat dikatakan halus, kasar, licin, mengkilap, rata, berlubang, kusam, dan lain-lain.
Secara visual ada dua macam tekstur, yakni tekstur nyata Tekstur semu.
  1. Gelap Terang
Gelap terang adalah keadaan suatu bidang yang terjadi karena adanya perbedaan warna dan intensitas cahaya yang diterima oleh suatu objek.
Gelap terang bisa diterapkan dengan menggunakan warna tua (gelap) dan warna muda (terang) . Gelap terang dapat memicu kesan tekstur dan kedalaman suatu benda.
  1. Ruang
Ruang adalah unsur seni rupa (gambar model) yang bisa memberikan kesan kedalaman, baik dalam bentuk nyata ataupun semu.
Unsur ruang dalam bentuk nyata bisa ditemukan pada karya seni rupa tiga dimensi, sedangkan dalam bentuk semu bisa ditemukan pada karya seni rupa dua dimensi.

Contoh: Gambar Model
 Obyek dan Komposisi Menggambar Secara Singkat dan Lengkap
Contoh Gambar Kubistis - Jawat Koso        MENGGAMBAR MODEL KLS 8 Quiz - Quizizz

76 komentar:

  1. Assalamualaikum bu ini saya khezya zaviera ayunda kelas 8f

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum bu saya Nabila Fakhriyah kelas 8F

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum Bu saya Gamma Bramulya Arhaburrizqi kelas 8f

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum Bu, saya wijayanti lestari kelas 8d

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum Bu ini saya Amanda Wahyuni kelas 8d

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum Bu ini sya ridho tri Islando kelas 8D

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum bu saya sultan zacky a.h 8d

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum bu, saya annika nisrina dari 8f

    BalasHapus
  9. Asalamualaikum Bu ini saya Ammar bu8F

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum bu,saya refeka ksatria panatagama kelas 8f

    BalasHapus
  11. assalamualaikum bu,saya nilam septia 8D

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum Bu saya raffy Dwi Rahman 8f

    BalasHapus
  13. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Perkenalkan saya Jihan khairunnisa .
    Kelas 8E☺️

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum bu,saya arissa syafina 8f

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum radit bu dari 8F

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum bu,saya dera aulia dari 8d

    BalasHapus
  17. Assalamualaikum Bu saya Azman Fathary B Dari kelas 8F

    BalasHapus
  18. Assalamualaikum bu,saya Abizar Yusuf Alamsyah

    BalasHapus
  19. Assalamualaikum bu saya aliani sabrina 8f

    BalasHapus
  20. Assalamualaikum Bu saya Rafly Fadhillah dari kelas 8f

    BalasHapus
  21. Assalamualaikum, Bu saya vallerie Kishi dari kelas 8D

    BalasHapus
  22. Assalamualaikum bu saya ferlina 8e

    BalasHapus
  23. Assalamualaikum bu, saya ailsya fathanneisha kelas 8e

    BalasHapus
  24. Assalamualaikum ibu saya aldi ardianold putra dri kls 8d

    BalasHapus
  25. Assalamualaikum bu sya atika ghaisani dr kls 8d

    BalasHapus
  26. Assalamualaikum Bu sya Anisa putri dri kls 8D

    BalasHapus
  27. Assalamualaikum Bu saya Alifia Sabrina kls 8d

    BalasHapus
  28. Assalamu'alaikum bu, saya Rm. Adam Alfarez 8E

    BalasHapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  30. Assalamualaikum bu,saya Dian frizca irawan 8G

    BalasHapus
  31. asalamualaikum bu,saya m.raffi athala 8g

    BalasHapus
  32. assalamualaikum, sya anggi anggraini 8D

    BalasHapus
  33. Assalamualaikum
    Saya m zahran al-ghifary kelas 8e

    BalasHapus
  34. Assalamualaikum saya Aline Kurnia Putri 8e

    BalasHapus
  35. Assalamualaikum saya Naura Indira Firanti kls 8e

    BalasHapus
  36. Assalamualaikum Bu saya Dava Abi 8E

    BalasHapus
  37. Assalamualaikum saya Naura Indira Firanti kls 8e

    BalasHapus
  38. Assalamualaikum saya M.Ridho Ramadhan kls 8G

    BalasHapus
  39. Assalamualaikum Bu saya Muhammad Satria Fadhil kelas 8D

    BalasHapus
  40. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  41. Assalamualaikum bu, saya Rajwaqiqa Maulidia Derina dari kelas 8E🙏🏻

    BalasHapus
  42. Assalamuallaikum bu saya m.nadhif al musyaffa dari kelas 8F

    BalasHapus
  43. Assalamualaikum bu chelsea salhabila 8e

    BalasHapus
  44. Assalamualaikum bu saya m.dafa setiawan dari kelas8F

    BalasHapus
  45. Assalamualaikum Bu, saya wijayanti lestari 8d

    BalasHapus
  46. Assalamualaikum warahmatullahiwabarokatu Bu Sri

    Okee Buu Terimakasihh....
    ─S.R.Azizah 8D

    BalasHapus
  47. Assalamualaikum ibu materi nya saya sudah paham sedikit,mudah juga di pahami terimakasih bu

    BalasHapus
  48. Assalamu'alaikum bu, terimakasih materi nya mudah di pahami. —akila 8f

    BalasHapus
  49. assalamualaikum, terima kasih bu
    -vakhroh ardelia 8E

    BalasHapus
  50. Assalamualaikum Rizky Jaka p 8d bu

    BalasHapus
  51. Waalaikumsalam. Anak anak semua. Terima kasih perkenalan nya. Selamat bertemu dengan ibu di pelajaran Seni budaya. Semoga kalian lebih kreatif dan lebutbInovatif 😊😊😊

    BalasHapus
  52. Assalamualaikum Bu, sy Desty Auliya Utami dari kelas 8D

    BalasHapus
  53. Assalamu'alaikum bu, saya reihan 8G

    BalasHapus
  54. Assalamualaikum Bu ,saya fatiha Arta ,kelas 8G

    BalasHapus
  55. Asalmualaikum bu, saya faiz khoirul amri kelas 8G

    BalasHapus
  56. Assalamualaikum Bu,saya Samantha kelas 8G

    BalasHapus
  57. Assalamualaikum Bu Saya Haristrada8G

    BalasHapus
  58. assalamu'alaikum bu saya magjun sahputra kelas 8g

    BalasHapus
  59. Assalamualaikum bu,saya Bintang Mutiara kelas 8g

    BalasHapus
  60. asalamualaikum bu saya m.raffi athala amin kls 7g

    BalasHapus
  61. Assalamualaikum Bu,saya m.raffi athala amin kls 8g

    BalasHapus
  62. Assalamualaikum Bu,saya Muhammad Abiyyu dary kelas 8g

    BalasHapus
  63. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  64. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  65. Terima kasih bu materinya
    Sultan Qurrahman Pasya AR
    9B

    BalasHapus
  66. Assalamualaikum Bu saya Natasya Putri Ayudia 8G

    BalasHapus
  67. Permisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! | Kesempatan Menang Lebih Besar,Kini Hadir Deposit via Pulsa Telkomsel / XL ( Online 24 Jam )
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

    BalasHapus