Kamis, 09 April 2020

Tehnik Mewarnai gambar 8G

Menggambar dan mewarnai adalah dasar yang utama untuk belajar membuat bentuk huruf, bidang gambar, dan membangun daya imajinasi. Selain itu, ketelatenan dan belajar untuk fokus juga menjadi bagian penting dari proses menggambar dan mewarnai. Yang lebih utama syaraf motorik anak perlahan akan terbangun saat mereka mengasah aktivitas ini.
Untuk melakukan proses ini, orang tua perlu membantu menyediakan kertas gambar, alat mewarnai, pensil, dan tisu. Tisu bisa digunakan untuk alas tangan agar tidak kotor terkena remahan atau sisa krayon. Selebihnya orang tua bisa mengarahkan dan mendampingi buah hati dalam proses ini.
Alat mewarnai yang bisa dikenalkan untuk anak salah satunya krayon. Krayon cukup populer sebagai alat mewarnai untuk anak-anak. Jika dibandingkan pensil bentuknya pas dipegang anak-anak, karena ukurannya lebih tebal.

Kenali Karakter Krayon 

Ada dua jenis krayon, wax dan oil pastel. Krayon tipe wax atau lilin memiliki tekstur lebih kasar dibandingkan dengan oil pastel.

Cara Memilih Warna Krayon

Berbagai merk krayon banyak tersedia di toko stationary atau alat tulis. Kombinasi warnanya ada 12 warna hingga 72 warna. Bagi orang tua yang memiliki anak usia PAUD, sebagai alat perkenalan cukup berikan produk krayon yang 12 atau 24 warna.
Agar hasil gambar terlihat “nyata”, ajarkan anak memilih warna krayon. Sekadar contoh misalnya untuk warna bebatuan dan langit. Untuk mewarnai bebatuan, perlu disediakan warna krayon hitam, abu-abu, dan krayon putih. Sementara untuk warna langit, gunakan krayon warna biru muda, warna putih, dan abu-abu.
Kuncinya, setiap mewarnai suatu obyek upayakan ada gradasi warna, dari warna tua ke muda. Hal ini untuk menunjukkan perlunya pencahayaan sisi gelap dan sisi terang, serta adanya bayangan. Selain itu, gambar yang diwarnai akan menunjukkan dimensi warna.

31 komentar:

  1. Terimakasi bu atas materinya
    -Zaky Lutfi H 8E

    BalasHapus
  2. Teriakasih bu
    -Salsabila 8E

    BalasHapus
  3. Terimakasih ibu
    •Laudy 8E

    BalasHapus
  4. Terimakasih Bu
    Nur Arafah 8e

    BalasHapus
  5. Terima kasih Atas materinya Bu
    Dewinta 8F

    BalasHapus
  6. Terima kasih bu
    Rizky Kurniawan 8D

    BalasHapus
  7. Terimakasih bu
    Siti astiya zulfa 8D

    BalasHapus
  8. Terimakasih bu
    ayu maharani,8D

    BalasHapus
  9. Makasih Bu...
    Riffa Yudika 8d

    BalasHapus
  10. Maksih bu....
    Decky Aprillian kelas 8D

    BalasHapus
  11. Makasih bu.....
    Chalista marta Ardian 8d

    BalasHapus
  12. Makasih bu
    Dedi setiawan 8D

    BalasHapus
  13. Makasih bu
    Asyifa nur annisa 8D

    BalasHapus
  14. Terimakasih bu
    ayu maharani,8D

    BalasHapus
  15. Terimakasih bu
    Siti astiya zulfa 8D

    BalasHapus
  16. Makasih bu....
    Chalista marta Ardian 8d

    BalasHapus
  17. Ayo menang kan ratusan juta rupiah di FANSPOKER || tunggu apa lagi gan , segera daftar kan diri anda di WWW.FANSPOKER.COM
    Kini Hadir Deposit via Pulsa Telkomsel / XL ( Online 24 Jam )
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus