Kamis, 22 November 2012

TOKOH MUSIK MANCANEGARA


Giovanni Antonio Claudio Monteverdi (15 Mei 1567 - 29 November 1643) adalah seorang komponis Italia, gambist, dan penyanyi.Karya Monteverdi, seringkali dianggap sebagai revolusioner, menandai transisi dari gaya Renaisans musik dengan periode Baroque. Ia mengembangkan dua gaya individual komposisi: teknik basso continuo Baroque yang baru dan warisan polifoni Renaissance. Menikmati ketenaran dalam hidupnya, ia menulis salah satu opera paling awal, L'Orfeo, yang masih rutin dilakukan.
Claudio Monteverdi lahir pada tahun 1567 di Cremona, sebuah kota Italia Utara. Ayahnya Baldassare Monteverdi adalah seorang dokter bedah. Dia adalah anak tertua dari lima bersaudara. Selama masa kecilnya, dia diajar oleh Mart’Antonio Ingegnen, sang maestro di capella. (pekerjaan Maestro di capella adalah memimpin penyembahan pujian penting dengan buku liturgy Gereja katolik Roma)


  
Geovanni Grabriele
Sang ayah adalah lanaiolo Piero Fais, yang berasal dari Carnia , sementara ibunya adalah adik dari komposer Andrea Gabrieli , yang Yohanes mengambil nama terkenal dalam musik [1] , menurut sumber lain, Gabrieli adalah julukan bukan terkait dengan ayah [2] . Pada tahun 70-an ia dikirim ke Monako dari Bavaria , di mana dia magang dengan Orlando di Lasso (yang juga master dari pamannya Andrea) [3] dan di mana ia memiliki kontak, antara lain, dengan Giuseppe Guami [4] . Nya sajak pendek tentang cinta "Ketika saya masih muda" muncul dalam koleksi "Buku kedua dari madrigals selama lima suara dari virtuoso kemerahan" pada tahun 1575, yang berisi semua komposisi para musisi yang berada di pelayanan Albrecht V dari Bavaria . Gabrieli berhenti beberapa tahun di Monako dan catatan pengadilan menunjukkan bahwa pada tahun 1578 ia menerima livery dan upah [5] .
Pada 1.584 dia berada di Venesia untuk sementara menggantikan Claudio Merulo sebagai pemain yang pertama organ dari gereja San Marco , dan pada tanggal 1 Januari tahun berikutnya ia memenangkan kompetisi yang membuat pekerjaan tetapnya. Sampai kematiannya, yang terjadi pada tahun 1612, dia mempertahankan tempat bergengsi [6] . Juga pada 1584, ia mengambil sebuah posisi sebagai organis di Scuola Grande di San Rocco , di mana ia bekerja sampai 1.606 [7] .
Setelah kematian Andrew, yang terjadi pada 1585 , John mengawasi penerbitan sejumlah besar komposisi pamannya, pertama dengan koleksi Konser "Andrew, dan Gio: Gabrieli (...) benua gereja musik, madrigals, & lainnya (...) buku pertama "(1587), koleksi lagu-lagu sakral, sekuler dan instrumental yang luas organik, maka" buku ketiga dari madrigals selama lima suara "(1589), yang" Intonationi organ (. ..) Buku Satu "(1593) dan" Ricercari (...) Buku II "(1595). Dalam semua koleksi, John menambahkan beberapa komposisi sendiri [8] .

 
Andrea Grabrile
Dia aktif di katedral dari Verona sekitar 1.550 sampai 1.564 , kemudian bekerja untuk Basilika San Marco di Venesia .
Dia meninggalkan komposisi berbagai musik suci ( motets , mazmur , Misa , seorang Gloria sampai 16 item dan lebih) dan sekuler (hampir 250 madrigals ). Di antara komposisi instrumental harus ingat terkena organ, lagu , yang eksplorasi musik dan ensemble.
Dia memiliki di antara murid-muridnya keponakannya Giovanni Gabrieli dan Hans Leo Hassler .


Wolfgang Amadeus Mozart yang bernama asli Johannes Chrysostomus Wolfgangus Gottlieb Mozart (lahir di Salzburg, 27 Januari 1756 – meninggal di Wina, Austria, 5 Desember 1791 pada umur 35 tahun)[1][2] adalah seorang komponis. Ia dianggap sebagai salah satu dari komponis musik klasik Eropa yang terpenting dan paling terkenal dalam sejarah. Karya-karyanya (sekitar 700 lagu) termasuk gubahan-gubahan yang secara luas diakui sebagai puncak karya musik simfoni, musik kamar, musik piano, musik opera, dan musik paduan suara. Contoh karyanya adalah opera Don Giovanni dan Die Zauberflöte. Banyak dari karya Mozart dianggap sebagai repertoar standar konser klasik dan diakui sebagai mahakarya musik zaman klasik. Karya-karyanya diurutkan dalam katalog Köchel-Verzeichnis.



Ludwig van Beethoven (dibaptis 17 Desember 1770 di Bonn, wafat 26 Maret 1827 di Wina) adalah seorang komponis musik klasik dari Jerman. Karyanya yang terkenal adalah simfoni ke-lima dan ke-sembilan, dan juga lagu piano Für Elise. Ia dipandang sebagai salah satu komponis yang terbesar dan merupakan tokoh penting dalam masa peralihan antara Zaman Klasik dan Zaman Romantik. Semasa muda, ia adalah pianis yang berbakat, populer di antara orang-orang penting dan kaya di Wina, Austria, tempatnya tinggal. Namun, pada tahun 1801, ia mulai menjadi tuli.
Ketuliannya semakin parah dan pada 1817 ia menjadi tuli sepenuhnya. Meskipun ia tak lagi bisa bermain dalam konser, ia terus mencipta musik, dan pada masa ini mencipta sebagian karya-karyanya yang terbesar. Ia menjalani sisa hidupnya di Wina dan tak pernah menikah.

Johann Sebastian Bach Johann Sebastian Bach (lahir di Eisenach, Jerman, 21 Maret 1685 – meninggal 28 Juli 1750 pada umur 65 tahun[1]) adalah seorang komponis Jerman . Ia menggubah musik untuk alat musik organ, harpsichord dan clavichord, dan juga untuk orkestra. Karyanya yang paling terkenal adalah Brandenburg concerto. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar