Seni Budaya Kelas IX
Senin, 6 Desember 2021
Kompetensi Dasar
Memahami materi materi yang sudah di beikan
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti
pembelajaran siswa dapat memahami materi yang sudah diberikan
Materi Pelajaran:
Kisi Kisi Soal Semester Ganjil 2021
Assalamualaikum wr wb
Anak anak ibu yang soleh sholehah, semoga semua dalam keadaan baik,sehat dan selalu dilindungi Allah Yang Maha Kuasa. Jumpa lagi dengan pelajaran Seni Budaya,Untuk pertemuan kali ini kita mengadakan "Kisi Kisi Soal Semester Ganjil 2021 " Ibu berharap kalian sudah dapat memahami betul tentang materi yang ibu berikan. Tugas yang ibu berikan di akhir materi ini mohon dapat dikerjakan ya...dan bagi yang belum mengirim tugas minggu lalu agar segera di kirim juga. Karena semua tugas ada nilainya dan akan di rekapitulasi pada akhir semester.
Jenis sekolah : SMP/MTS Jumlah soal 50
Mata Pelajaran : Seni Budaya Bentuk soal/tes : Pilhan Ganda
Penyusun : - Toni Priguna, S.Pd Alokasi Waktu : 90 Menit
- Harini, S.Pd
- Sumaini, S.Pd, MM
Materi Seni Rupa
No. |
Kompetensi Dasar |
IPK |
Materi Pokok |
Indikator Soal |
Level |
Bentuk Soal |
Nomor Soal |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
1 |
3.1 Memahami unsur, prinsip, teknik dan prosedur berkarya seni lukis dengan berbagai bahan. |
Menganalisis unsur, |
Seni lukis |
Diberikan uraian tentang wujud karya seni rupa, peserta didik dapat |
Menganalisis (C4) |
PG |
1 |
|
teknik dan prosedur |
|
menganalisis karya seni rupa 2 dimensi dengan benar. |
|
|
|
|
|
berkarya seni lukis |
Unsur/Prisip seni rupa |
Disajikan deskripsi peninggalan karya seni lukis, peserta didik dapat |
Mengidentifikasi (C4) |
|
2 |
|
|
|
|
mengidentifikasi tujuannya. |
|
|
|
|
|
|
|
Diberikan uraian pengolahan warna, peserta didik dapat memilih |
Memilih (C5) |
|
3 |
|
|
|
|
warna berdasarkan jenisnya. |
|
|
|
|
|
|
|
Diberikan uraian dan gambar unsur seni rupa, peserta didik dapat |
Mengidentifikasi (C4) |
|
4, 5 |
|
|
|
|
mengidentifikasi dengan benar. |
|
|
|
|
|
|
|
Diberikan uraian prinsip seni rupa, peserta didik dapat |
Mengidentifikasi (C4) |
|
6, 7 |
|
|
|
|
mengidentifikasi dari pengertiannya. |
|
|
|
|
|
|
|
Disajikan deskripsi unsur seni rupa, peserta didik dapat menafsirkan |
Menafsirkan (C5) |
|
8 |
|
|
|
Aliran seni lukis |
dengan benar. |
|
|
|
|
|
|
|
Disajikan gambar karya seni lukis, peserta dapat menganalisis |
Menganalisis (C4) |
|
9, 10 |
|
|
|
Tema seni lukis |
alirannya. |
|
|
|
|
|
|
|
Diberikan uraian proses berkarya seni lukis, peserta didik dapat |
Mengidentifikasi (C4) |
|
11 |
|
|
|
Teknik seni lukis |
mengidentifikasi sumber ide dan gagasan. |
|
|
|
|
|
|
|
Diberikan uraian teknik dalam seni lukis, peserta didik dapat |
Mengidentifikasi (C4) |
|
12 |
|
|
|
|
mengidentifikasi media yang digunakan. |
|
|
|
|
2 |
3.2 Memahami prosedur berkarya patung dengan berbagai bahan dan teknik |
Menganalisis unsur, teknik dan prosedur berkarya seni patung |
Alat, bahan media seni patung. Teknik seni patung Karya seni patung |
Diberikan uraian teknik berkarya seni patung, peserta didik dapat mengidentifikasi alat dan bahan yang digunakan. Disajikan deskripsi karya seni momental, peserta didik dapat memilih nama/tokoh seniman dengan benar. Disajikan gambar seni patung, peserta didik dapat mengidentifkasi nama/tokoh seniman dengan benar. Diberikan uraian latar belakang sebuah karya seni patung, peserta didik dapat mengdentifikasi nama/tokoh seniman dengan benar. |
Mengidentifikasi (C4) Memilih(C5) Mengidentifikasi (C4) Mengidentifikasi (C4) |
|
13, 14, 15, 16 17
18
19, 20 |
Materi Seni Musik
No. |
Kompetensi Dasar |
IPK |
Materi Pokok |
Indikator Soal |
Level |
Bentuk Soal |
Nomor Soal |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
1. |
3.1 Memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk vocal solo / tunggal. |
|
A. Jenis Penampilan Vokal Solo / Tunggal |
Disajikan sebuah pernyataan diharapkan siswa dapat menjelaskan vokal solo atau tunggal. |
|
PG |
21 |
2. |
3.1 Memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk vocal solo / tunggal. |
|
B. Materi Vokal |
Disajikan sebuah pernyataan diharapkan siswa dapat menjelaskan wilayah nada |
|
PG |
22 |
3. |
3.1 Memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk vocal solo / tunggal. |
|
B. Materi Vokal |
Disajikan sebuah pernyataan diharapkan siswa dapat menyebutkan jarak wilayah nada suara anak-anak tinggi. |
|
PG |
23 |
4. |
3.1 Memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk vocal solo / tunggal. |
|
B. Materi Vokal |
Disajikan sebuah pernyataan diharapkan siswa dapat menyebutkan jarak wilayah nada suara anak-anak rendah. |
|
PG |
24 |
5. |
3.1 Memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk vocal solo / tunggal. |
|
B. Materi Vokal |
Disajikan sebuah pernyataan diharapkan siswa dapat menjelaskan sebutan lain suara wanita tinggi. |
|
PG |
25 |
6. |
3.1 Memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk vocal solo / tunggal. |
|
B. Materi Vokal |
Disajikan sebuah pernyataan diharapkan siswa dapat menjelaskan sebutan lain suara wanita sedang. |
|
PG |
26 |
7. |
3.1 Memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk vocal solo / tunggal. |
|
B. Materi Vokal |
Disajikan sebuah pernyataan diharapkan siswa dapat menjelaskan sebutan lain suara wanita alto. |
|
PG |
27 |
8. |
3.1 Memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk vocal solo / tunggal. |
|
B. Materi Vokal |
Disajikan sebuah pernyataan diharapkan siswa dapat menjelaskan tentang resonansi. |
|
PG |
28 |
9. |
3.1 Memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk vocal solo / tunggal. |
|
B. Materi Vokal |
Disajikan sebuah pernyataan diharapkan siswa dapat menjelaskan tentang artikulasi |
|
PG |
29 |
10. |
3.1 Memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk vocal solo / tunggal. |
|
B. Materi Vokal |
Disajikan sebuah pernyataan diharapkan siswa dapat menjelaskan tentang phrasering |
|
PG |
30 |
11. |
3.2 Memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk kelompok vokal |
|
A. Konsep menyanyikan lagu secara vokal grup |
Disajikan sebuah pernyataan diharapkan siswa dapat mendefinisikan ciri-ciri vokal grup |
|
PG |
31 |
12. |
3.2 Memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk kelompok vokal |
|
A. Konsep menyanyikan lagu secara vokal grup |
Disajikan sebuah pernyataan diharapkan siswa dapat mendefinisikan ciri-ciri vokal grup |
|
PG |
32 |
13. |
3.2 Memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk kelompok vokal |
|
A. Konsep menyanyikan lagu secara vokal grup |
Disajikan sebuah pernyataan diharapkan siswa dapat mendefinisikan ciri-ciri vokal grup |
|
PG |
33 |
14. |
3.2 Memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk kelompok vokal |
|
B. Latihan mengembangkan lagu populer secara vokal grup |
Disajikan sebuah pernyataan diharapkan siswa dapat menjelaskan pengertian intro |
|
PG |
34 |
15. |
3.2 Memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk kelompok vokal |
|
B. Latihan mengembangkan lagu populer secara vokal grup |
Disajikan penggalan sebuah lagu Indonesia Jaya, diharapkan siswa dapat menentukan bentuk dan nilai not. |
|
PG |
35 |
16. |
3.2 Memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk kelompok vokal |
|
B. Latihan mengembangkan lagu populer secara vokal grup |
Disajikan penggalan sebuah lagu Indonesia Jaya, diharapkan siswa dapat menentukan bentuk dan nilai not. |
|
PG |
36 |
17. |
3.2 Memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk kelompok vokal |
|
B. Latihan mengembangkan lagu populer secara vokal grup |
Disajikan penggalan sebuah lagu Indonesia Jaya, diharapkan siswa dapat menentukan bentuk dan nilai not. |
|
PG |
37 |
18. |
3.2 Memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk kelompok vokal |
|
B. Latihan mengembangkan lagu populer secara vokal grup |
Disajikan penggalan sebuah lagu Indonesia Jaya, diharapkan siswa dapat menjelaskan tanda tempo istirahat. |
|
PG |
38 |
19. |
3.2 Memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk kelompok vokal |
|
B. Latihan mengembangkan lagu populer secara vokal grup |
Disajikan penggalan sebuah lagu Indonesia Jaya, diharapkan siswa dapat menjelaskan tanda tempo Andantino |
|
PG |
39 |
20. |
3.2 Memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk kelompok vokal |
|
B. Latihan mengembangkan lagu populer secara vokal grup |
Disajikan penggalan sebuah lagu Indonesia Jaya, diharapkan siswa dapat menyebutkan pencipta lagu Indonesia Jaya. |
|
PG |
40 |
Materi Seni Tari
No. |
Kompetensi yang diuji |
Lingkup Materi |
Materi |
Level Kognitif |
Indikator Soal |
Bentuk Soal |
No. Soal |
1 |
|
|
Tari kreas
Buku Kemendikbud Th 2018. Bab V, hal 78 – 79
Hal. 80- 81
Bab VI. Hal 92 |
Pengetahuan dan Pemahaman |
|
Pilihan Ganda |
|
|
3.1. Memahami keunikan gerak tari kreasi berdasarkan unsur pendukung tari |
Keunukan gerak tari kreasi |
|
Disajikan diskripsi tari kreasi siswa dapat menentukan pengertian tari kreasi |
|
41 |
|
|
|
|
• Mendefinisikan • Menjelaskan • Mendeskripsikan • Menentukan • Mengidentifikasi • Mengklasifikasikan |
Disajikan tentang tari kreasil, siswa dapat menentukan jenis tari nya
Disajikan diskripsi tentang Tari Ronggeng Blantek, siswa dapat mengetahui daerah adalnya |
|
42
43 |
|
|
|
|
|
Disajikan diskripsi tentang keunikan gerak tari, siswa dapat menentukan macam keunikan gerak tari kreasi |
|
44 |
|
|
|
|
|
Disajikan diskripsi tentang tari kreasi, siswa dapat mementukan jenis tari nya |
|
45 |
|
|
|
|
|
Disajikan diskripsi dan gambar tari , siswa dapat mengidentifikasi ciri khas tari kreasi |
|
46 |
|
|
|
|
|
Disajikan diskripsi property tari , siswa dapat menentukan daerah asalnya |
|
47 |
|
|
3.2. Memahami tari kreasi dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan |
- |
Hal. 93 |
|
Disajikan diskripsi tentang tari daerah, siswa dapat menentukan unsure pendukung tari nya |
|
48 |
2 |
|
|
Disajikan gambari tari, siswa dapat mengidentifikasi jenis iringannya |
49 |
|||
|
|
|
Disajikaan diskripsi iringan tari, siswa dapat menentukan fungsi iringannya |
50 |
Tugas :
Pelajari dan pahami Kisi Kisi Soal tersebut di atas.
Kirim foto kegiatan belajar kalian ke wa ibu
Tulis kata hadir jika kalian buka blog ibu. Di ss kirim ke Ibuya...
Terima Kasih. Sampai jumpa di pelajaran selanjutnya
Wassalamualaikum,wr.wb
Assalamaualaikum bu hadir
BalasHapusM.faiz yuniza putra 9b
assalamualaikum bu terimakasi
BalasHapusAudita Gea Salsabillah 9A
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusAssalamualaikum bu,hadir
BalasHapusMuhammad Satria Fadhil 9A
assalamualaikum bu
BalasHapus—s.r.azizah 9b hadir