Minggu, 05 Desember 2021

Kisi Kisi Soal Semester Ganjil 2021 Kelas 9

  Seni Budaya Kelas IX     

 Senin, 6 Desember 2021

 Kompetensi Dasar 

 Memahami materi materi yang sudah di beikan

 Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat memahami materi yang sudah diberikan

Materi Pelajaran:

Kisi Kisi Soal Semester Ganjil 2021

 Assalamualaikum wr wb

Anak anak ibu yang soleh sholehah, semoga semua dalam keadaan baik,sehat dan selalu dilindungi Allah Yang Maha Kuasa. Jumpa lagi dengan pelajaran Seni Budaya,Untuk pertemuan kali ini kita mengadakan "Kisi Kisi Soal Semester Ganjil 2021  " Ibu berharap kalian sudah dapat memahami betul tentang materi yang ibu berikan. Tugas yang ibu berikan di akhir materi ini mohon dapat dikerjakan ya...dan bagi yang belum mengirim tugas minggu lalu agar segera di kirim juga. Karena semua tugas ada nilainya dan akan di rekapitulasi pada akhir semester. 

Jenis sekolah               : SMP/MTS                                    Jumlah soal                                    50

Mata Pelajaran             : Seni Budaya                                    Bentuk soal/tes                                    : Pilhan Ganda

Penyusun                     : - Toni Priguna, S.Pd                                    Alokasi Waktu                                    : 90 Menit

-  Harini, S.Pd

-  Sumaini, S.Pd, MM

Materi Seni Rupa

 

No.

Kompetensi Dasar

IPK

Materi Pokok

Indikator Soal

Level

Bentuk Soal

Nomor Soal

1

2

3

4

5

6

7

8

1

3.1 Memahami unsur, prinsip, teknik dan prosedur berkarya seni lukis dengan berbagai bahan.

Menganalisis unsur,

Seni lukis

Diberikan uraian tentang wujud karya seni rupa, peserta didik dapat

Menganalisis (C4)

PG

1

 

teknik dan prosedur

 

menganalisis karya seni rupa 2 dimensi dengan benar.

 

 

 

 

berkarya seni lukis

Unsur/Prisip seni rupa

Disajikan deskripsi peninggalan karya seni lukis, peserta didik dapat

Mengidentifikasi (C4)

 

2

 

 

 

mengidentifikasi tujuannya.

 

 

 

 

 

 

Diberikan uraian pengolahan warna, peserta didik dapat memilih

Memilih (C5)

 

3

 

 

 

warna berdasarkan jenisnya.

 

 

 

 

 

 

Diberikan uraian dan gambar unsur seni rupa, peserta didik dapat

Mengidentifikasi (C4)

 

4, 5

 

 

 

mengidentifikasi dengan benar.

 

 

 

 

 

 

Diberikan uraian prinsip seni rupa, peserta didik dapat

Mengidentifikasi (C4)

 

6, 7

 

 

 

mengidentifikasi dari pengertiannya.

 

 

 

 

 

 

Disajikan deskripsi unsur seni rupa, peserta didik dapat menafsirkan

Menafsirkan (C5)

 

8

 

 

Aliran seni lukis

dengan benar.

 

 

 

 

 

 

Disajikan gambar karya seni lukis, peserta dapat menganalisis

Menganalisis (C4)

 

9, 10

 

 

Tema seni lukis

alirannya.

 

 

 

 

 

 

Diberikan uraian proses berkarya seni lukis, peserta didik dapat

Mengidentifikasi (C4)

 

11

 

 

Teknik seni lukis

mengidentifikasi sumber ide dan gagasan.

 

 

 

 

 

 

Diberikan uraian teknik dalam seni lukis, peserta didik dapat

Mengidentifikasi (C4)

 

12

 

 

 

mengidentifikasi media yang digunakan.

 

 

 

2

3.2 Memahami prosedur berkarya patung dengan berbagai bahan dan teknik

Menganalisis unsur, teknik dan prosedur berkarya seni patung

Alat, bahan media seni patung.

Teknik seni patung Karya seni patung

Diberikan uraian teknik berkarya seni patung, peserta didik dapat mengidentifikasi alat dan bahan yang digunakan.

Disajikan deskripsi karya seni momental, peserta didik dapat memilih nama/tokoh seniman dengan benar.

Disajikan gambar seni patung, peserta didik dapat mengidentifkasi nama/tokoh seniman dengan benar.

Diberikan uraian latar belakang sebuah karya seni patung, peserta didik dapat mengdentifikasi nama/tokoh seniman dengan benar.

Mengidentifikasi (C4) Memilih(C5) Mengidentifikasi (C4)

Mengidentifikasi (C4)

 

13, 14,

15, 16

17

 

18

 

19, 20


 

Materi Seni Musik

 

No.

Kompetensi Dasar

IPK

Materi Pokok

Indikator Soal

Level

Bentuk Soal

Nomor Soal

1

2

3

4

5

6

7

8

 

1.

3.1 Memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk vocal solo / tunggal.

 

 

A. Jenis Penampilan Vokal Solo / Tunggal

 

Disajikan sebuah pernyataan diharapkan siswa dapat menjelaskan vokal solo atau tunggal.

 

 

PG

 

21

 

2.

3.1 Memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk vocal solo / tunggal.

 

 

B. Materi Vokal

Disajikan sebuah pernyataan diharapkan siswa dapat menjelaskan wilayah nada

 

 

PG

 

22

 

3.

3.1 Memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk vocal solo / tunggal.

 

 

B. Materi Vokal

 

Disajikan sebuah pernyataan diharapkan siswa dapat menyebutkan jarak wilayah nada suara anak-anak tinggi.

 

 

PG

 

23

 

4.

3.1 Memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk vocal solo / tunggal.

 

 

B. Materi Vokal

Disajikan sebuah pernyataan diharapkan siswa dapat menyebutkan jarak wilayah nada suara anak-anak rendah.

 

 

PG

 

24

 

5.

3.1 Memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk vocal solo / tunggal.

 

 

B. Materi Vokal

Disajikan sebuah pernyataan diharapkan siswa dapat menjelaskan sebutan lain suara wanita tinggi.

 

 

PG

 

25

 

6.

3.1 Memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk vocal solo / tunggal.

 

 

B. Materi Vokal

 

Disajikan sebuah pernyataan diharapkan siswa dapat menjelaskan sebutan lain suara wanita sedang.

 

 

PG

 

26

 

7.

3.1 Memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk vocal solo / tunggal.

 

 

B. Materi Vokal

Disajikan sebuah pernyataan diharapkan siswa dapat menjelaskan sebutan lain suara wanita alto.

 

 

PG

 

27

 

8.

3.1 Memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk vocal solo / tunggal.

 

 

B. Materi Vokal

 

Disajikan sebuah pernyataan diharapkan siswa dapat menjelaskan tentang resonansi.

 

 

PG

 

28

 

9.

3.1 Memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk vocal solo / tunggal.

 

 

B. Materi Vokal

 

Disajikan sebuah pernyataan diharapkan siswa dapat menjelaskan tentang artikulasi

 

 

PG

 

29


 

 

10.

3.1 Memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk vocal solo / tunggal.

 

 

B. Materi Vokal

Disajikan sebuah pernyataan diharapkan siswa dapat menjelaskan tentang phrasering

 

 

PG

 

30

 

11.

3.2 Memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk kelompok vokal

 

 

A. Konsep menyanyikan lagu secara vokal grup

 

Disajikan sebuah pernyataan diharapkan siswa dapat mendefinisikan ciri-ciri vokal grup

 

 

PG

 

31

 

12.

3.2 Memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk kelompok vokal

 

A. Konsep menyanyikan lagu secara vokal grup

Disajikan sebuah pernyataan diharapkan siswa dapat mendefinisikan ciri-ciri vokal grup

 

 

PG

 

32

 

13.

3.2 Memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk kelompok vokal

 

A. Konsep menyanyikan lagu secara vokal grup

Disajikan sebuah pernyataan diharapkan siswa dapat mendefinisikan ciri-ciri vokal grup

 

 

PG

 

33

 

14.

3.2 Memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk kelompok vokal

 

 

B. Latihan mengembangkan lagu populer secara vokal grup

 

Disajikan sebuah pernyataan diharapkan siswa dapat menjelaskan pengertian intro

 

 

PG

 

34

 

15.

3.2 Memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk kelompok vokal

 

 

B. Latihan mengembangkan lagu populer secara vokal grup

Disajikan penggalan sebuah lagu Indonesia Jaya, diharapkan siswa dapat menentukan bentuk dan nilai not.

 

 

PG

 

35

 

16.

3.2 Memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk kelompok vokal

 

 

B. Latihan mengembangkan lagu populer secara vokal grup

Disajikan penggalan sebuah lagu Indonesia Jaya, diharapkan siswa dapat menentukan bentuk dan nilai not.

 

 

PG

 

36

 

17.

3.2 Memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk kelompok vokal

 

B. Latihan mengembangkan lagu populer secara vokal grup

Disajikan penggalan sebuah lagu Indonesia Jaya, diharapkan siswa dapat menentukan bentuk dan nilai not.

 

 

PG

 

37

 

18.

3.2 Memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk kelompok vokal

 

B. Latihan mengembangkan lagu populer secara vokal grup

Disajikan penggalan sebuah lagu Indonesia Jaya, diharapkan siswa dapat menjelaskan tanda tempo istirahat.

 

 

PG

 

38

 

19.

3.2 Memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk kelompok vokal

 

B. Latihan mengembangkan lagu populer secara vokal grup

Disajikan penggalan sebuah lagu Indonesia Jaya, diharapkan siswa dapat menjelaskan tanda tempo Andantino

 

 

PG

 

39

 

20.

3.2 Memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk kelompok vokal

 

B. Latihan mengembangkan lagu populer secara vokal grup

Disajikan penggalan sebuah lagu Indonesia Jaya, diharapkan siswa dapat menyebutkan pencipta lagu Indonesia Jaya.

 

 

PG

 

40


Materi Seni Tari

 

No.

Kompetensi yang diuji

Lingkup Materi

Materi

Level Kognitif

Indikator Soal

Bentuk Soal

No. Soal

1

 

 

 

 

Tari kreas

 

Buku Kemendikbud Th 2018.

Bab V, hal 78 – 79

 

 

Hal. 80- 81

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bab VI. Hal 92

Pengetahuan dan Pemahaman

 

Pilihan Ganda

 

 

3.1. Memahami keunikan gerak tari kreasi

berdasarkan unsur pendukung tari

Keunukan gerak tari

kreasi

 

Disajikan diskripsi tari kreasi siswa dapat

menentukan pengertian tari kreasi

 

41

 

 

 

   Mendefinisikan

   Menjelaskan

   Mendeskripsikan

   Menentukan

   Mengidentifikasi

   Mengklasifikasikan

 

Disajikan tentang tari kreasil, siswa dapat menentukan jenis tari nya

 

Disajikan diskripsi tentang Tari Ronggeng Blantek, siswa dapat mengetahui daerah adalnya

 

 

42

 

 

43

 

 

 

 

Disajikan diskripsi tentang keunikan gerak tari, siswa dapat menentukan macam keunikan gerak tari kreasi

 

44

 

 

 

 

Disajikan diskripsi tentang tari kreasi, siswa dapat mementukan jenis tari nya

 

45

 

 

 

 

Disajikan diskripsi dan gambar tari , siswa dapat mengidentifikasi ciri khas tari kreasi

 

46

 

 

 

 

Disajikan diskripsi property tari , siswa dapat menentukan daerah asalnya

 

47

 

 

 

 

 

3.2. Memahami tari kreasi dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan

 

-

 

Hal. 93

 

 

Disajikan diskripsi tentang tari daerah, siswa dapat menentukan unsure pendukung tari nya

 

 

 

48

 

2

 

 

Disajikan        gambari        tari,        siswa                         dapat mengidentifikasi jenis iringannya

 

49

 

 

 

Disajikaan diskripsi iringan tari, siswa dapat menentukan fungsi iringannya

 

50

 

 Tugas :

Pelajari dan pahami Kisi Kisi Soal tersebut di atas.

Kirim foto kegiatan belajar kalian ke wa ibu


 Tulis kata hadir jika kalian buka blog ibu. Di ss kirim ke Ibuya...

Terima Kasih. Sampai jumpa di pelajaran selanjutnya

 Wassalamualaikum,wr.wb

5 komentar:

  1. Assalamaualaikum bu hadir
    M.faiz yuniza putra 9b

    BalasHapus
  2. assalamualaikum bu terimakasi
    Audita Gea Salsabillah 9A

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum bu,hadir
    Muhammad Satria Fadhil 9A

    BalasHapus
  5. assalamualaikum bu
    —s.r.azizah 9b hadir

    BalasHapus