Seni Budaya Kelas VIII
Kamis,22 April 2021
KD 4.3 Meragakan gerak tari tradisional dengan menggunakan unsur pendukung
Materi Ajar : Meragakan ragam gerak tari melinting dengan pola lantai
Tujuan :
Melalui pembelajaran model Project Based Learning diharapkan peserta didik mampu mengklasifikasikan, mempresentasikan, dan mendeskripsikan jenis pola lantai tari dengan secara langsung memeragakan salah satu ragam gerak Tari Melinting.
Model Pembelajaran
Model : PBL Praktikal terbimbin
Produk : Video singkat peragaan ragam gerak tari Melinting
Deskripsi : Secara terbimbing melalui video tutorial ragam gerak tari Melinting peserta didik menbuat video singkat peragaan ragam gerak tari Melinting serta mendeskripsikan jenis pola lantai yang dipakai
Alat dan Bahan :
Media elektronik, gawai, kanera gawai, dan atau peralatan sejenisnya
Indikator Pencapaian Kompetensi :
Peserta didik dianggap telah menguasai materi pada KD 4.3 apabila;
1. Telah mampu mengklasifikasikan jenis pola lantai pada salah satu ragam gerak tari Melinting
2. Telah mampu memeragakan salah satu ragam gerak tari Melinting sesuai dengan acuannya pada video tutorial yang diberikan
3. Telah mampu mendeskripsikan secara singkat keunikan salah satu ragam gerak tari Melinting
Assalamualaikum wr wb
Halo anak2, apa kabar? Alhamdulillah bertemu lagi kita pada kesempatan yang sangat berbahagia ini.
Nah, ini kalian akan ibu ajak untuk mengenal secara langsung bagaimana pola lantai tari diperagakan. Tentunya kalian harus menyimak dengan seksama ya, materi kali ini agar tidak salah persepsi π€£.
Sebelumnya bapak akan menginformasikan bahwa MATERI KALI INI AKAN BERKAITAN JUGA LOHH DENGAN MATERI DI PELAJARAN IPA DAN IPS π€.
Bingung yaa ?? Kok bisa ??
Jadi, spesial utk pertemuan kali ini di mapel SBK, IPA, dan IPS akan ada KOLABORASI materi antara
1. Materi peragaan ragam gerak tari
2. Frekuensi getaran dan bunyi
3. Perkembangan Indonesia di masa penjajahan
Rumit yaa ???? Oh. TENTU TIDAK !!!
Justru dengan kolaborasi ini kalian gak perlu capek2 belajar π€£, gak perlu capek2 nyatet apalagi ngerjain soal2.
Kok bisa ??
Jadi gini, sebenernya nih ya. Ada keterkaitan antara materi MEMPERAGAKAN GERAK TARI dengan FREKUENSI GETARAN di mapel IPA. Apa kaitannya?? Gerak dalam tari sejatinya juga merupakan fenomena fisika yang bisa dihitung dalam ilmu IPA π€£π
MULAI NGECHUN BELUM ???
Nah dan juga ada keterkaitan loh antara materi RAGAN GERAK TARI dengan SEJARAH PERKEMBANGAN BANGSA DI MASA PENJAJAHAN. Karena sejatinya perkembangan dunia tari di Indonesia sudah berlangsung jauh bahkan sebelum Belanda n d'gengs masuk ke Indonesia. Otomatis pengaruh Belanda akan mendampak langsung kan ke perkembangan tari di Indonesia ππ
Mulai nyantol ??
Yang sdh nyantol Alhamdulillah
Yg belum nyantol yuk baca lagi blogg bapak dari awal π
Nah kita masuk dulu yuk ke materi SBK kita.
Silakan kalian buka kembali video berikut ini ;
https://youtu.be/hsv9wIg0TCM
Setelah kalian buka tonton, dan carilah scene yg membahas ragam gerak Kenuy Melayang.
Kalau sudah ketemu, amati, dan tirukan gerakan tersebut.
Gampang kan ππ
Sekarang masuk ke TUGAS YAA
TUGAS KOLABORATIF MAPEL SBK, IPA, dan IPS
Perhatikan prosedur tugas berikut.
BUATLAH VIDEO SINGKAT YANG BERISI
1. Peragaan ragam gerak kenuy melayang
2. Penjelasan tentang frekuensi gerakan tangan pada ragam gerak kenuy melayang
3. Penjelasan singkat tentang sejarah tari Melinting di masa penjajahan
YANG DIBUAT DALAM 1 VIDEO UTUH BERDURASI MAKSIMAL 3 MENIT
Caranya gimana ???? π±π±π±
Jangan sedih !!!
1. Pelajari materi kolaborasi yang diberikan guru kalian di mapel IPA, IPS, dan SBK masing2 kelas
2. Setelah semua materi kalian pelajari mulailah membuat video
3. Video berdurasi maksimal 3 menit. Silakan edit sekreatif mungkiin
4. Kumpulkan tugas kalian paling lambat pada Senin, 12 April 2021 jam 12 malam
5. Tugas ini berlaku untuk siswa kelas 8A, 8B, 8C, 8D, 8E, 8F, dan 8G tanpa terkecuali
6. Setelah video selesai dibuat POSTINGLAH VIDEO KALIAN DI INSTAGRAM KALIAN MASING2 dengan menetapkan hastag #pjblspalga, #pjblseni, #pjblips, dan #pjblipa. Tag akun IG @humas,spalga, @andreyhasan, @muhammadzopi, @yayasan_al azhar_lampung, @putrimia, dan akun IG guru2 spalga lainnya.
KELAR DEH TUGASNYA πππ€£
SATU TUGAS UNTUK 3 MAPEL. Setujuuu ...????
Demikian blog kali ini ibu ucapkan selamat berjuang, selamat berkarya, dan selamat jadi pintar ❤π
Wassalamualaikum
assalamualaikum bu,terimakasih tugas dan penjelasan nya
BalasHapusbintang mutiara 8G
BalasHapusJACKPOT yang besar hanya di AJOQQ :D
WA : +855969190856
Assalamualaikum Bu Terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapusDhea Agustina 8G
assalamualaikum bu trimakasih atas tugas dan materinya-tazkia 8g
BalasHapusAssalamu'alaikum bu terimakasih atas tugasnya
BalasHapusReihan abiyoza 8G
Assalamualaikum bu trimkasih atas tugasnya
BalasHapusraditya rizky 8G
Assalamu'alaikum bu terimakasih tugas nya
BalasHapusFatiha arta 8G
Assalamu'alaikum bu terimakasih tugas nya
BalasHapusDian frizca 8G
assalamualaikum bu, terima kasih
BalasHapus-samantha 8G
assalamualaikum, trmkshh bu
BalasHapusalfarin8g
assalamualaikum,terimakasih bu
BalasHapusbintang 8G
Assalamualaikum bu terimakasih
BalasHapus-HARISTRADA8G
assalamualaikum Bu trimakasih-tazkia 8g
BalasHapus