Kamis, 15 April 2021

Gerak Tari Melinting

 Seni Budaya Kelas VIII

Kamis,22  April 2021

KD 4.3 Meragakan gerak tari tradisional dengan menggunakan unsur pendukung

Materi Ajar : Meragakan ragam gerak tari melinting dengan pola lantai

Tujuan :

Melalui pembelajaran model Project Based Learning diharapkan peserta didik mampu mengklasifikasikan, mempresentasikan, dan mendeskripsikan jenis pola lantai tari dengan secara langsung memeragakan salah satu ragam gerak Tari Melinting. 

Model Pembelajaran 

Model : PBL Praktikal terbimbin

Produk : Video singkat peragaan ragam gerak tari Melinting


Deskripsi : Secara terbimbing melalui video tutorial ragam gerak tari Melinting peserta didik menbuat video singkat peragaan ragam gerak tari Melinting serta mendeskripsikan jenis pola lantai yang dipakai

Alat dan Bahan :

Media elektronik, gawai, kanera gawai, dan atau peralatan sejenisnya

Indikator Pencapaian Kompetensi :

Peserta didik dianggap telah menguasai materi pada KD 4.3 apabila;

1. Telah mampu mengklasifikasikan jenis pola lantai pada salah satu ragam gerak tari Melinting

2. Telah mampu memeragakan salah satu ragam gerak tari Melinting sesuai dengan acuannya pada video tutorial yang diberikan

3. Telah mampu mendeskripsikan secara singkat keunikan salah satu ragam gerak tari Melinting

Assalamualaikum wr wb

Halo anak2, apa kabar? Alhamdulillah bertemu lagi kita pada kesempatan yang sangat berbahagia ini. 

Nah, ini kalian akan ibu ajak untuk mengenal secara langsung bagaimana pola lantai tari diperagakan. Tentunya kalian harus menyimak dengan seksama ya, materi kali ini agar tidak salah persepsi 🀣.

Sebelumnya bapak akan menginformasikan bahwa MATERI KALI INI AKAN BERKAITAN JUGA LOHH DENGAN MATERI DI PELAJARAN IPA DAN IPS 🀭.

Bingung yaa ?? Kok bisa ??

Jadi, spesial utk pertemuan kali ini di mapel SBK, IPA, dan IPS akan ada KOLABORASI materi antara 

1. Materi peragaan ragam gerak tari

2. Frekuensi getaran dan bunyi

3. Perkembangan Indonesia di masa penjajahan

Rumit yaa ???? Oh. TENTU TIDAK !!!

Justru dengan kolaborasi ini kalian gak perlu capek2 belajar 🀣, gak perlu capek2 nyatet apalagi ngerjain soal2. 

Kok bisa ??

Jadi gini, sebenernya nih ya. Ada keterkaitan antara materi MEMPERAGAKAN GERAK TARI dengan FREKUENSI GETARAN di mapel IPA. Apa kaitannya?? Gerak dalam tari sejatinya juga merupakan fenomena fisika yang bisa dihitung dalam ilmu IPA πŸ€£πŸ˜‚

MULAI NGECHUN BELUM ???

Nah dan juga ada keterkaitan loh antara materi RAGAN GERAK TARI dengan SEJARAH PERKEMBANGAN BANGSA DI MASA PENJAJAHAN. Karena sejatinya perkembangan dunia tari di Indonesia sudah berlangsung jauh bahkan sebelum Belanda n d'gengs masuk ke Indonesia. Otomatis pengaruh Belanda akan mendampak langsung kan ke perkembangan tari di Indonesia πŸ˜‚πŸ˜‚

Mulai nyantol ??

Yang sdh nyantol Alhamdulillah

Yg belum nyantol yuk baca lagi blogg bapak dari awal πŸ˜‚

Nah kita masuk dulu yuk ke materi SBK kita.

Silakan kalian buka kembali video berikut ini ;

https://youtu.be/hsv9wIg0TCM

Setelah kalian buka tonton, dan carilah scene yg membahas ragam gerak Kenuy Melayang.

Kalau sudah ketemu, amati, dan tirukan gerakan tersebut.

Gampang kan πŸ˜‚πŸ˜‚

Sekarang masuk ke TUGAS YAA 

TUGAS KOLABORATIF MAPEL SBK, IPA, dan IPS

Perhatikan prosedur tugas berikut.

BUATLAH VIDEO SINGKAT YANG BERISI

1. Peragaan ragam gerak kenuy melayang

2. Penjelasan tentang frekuensi gerakan tangan pada ragam gerak kenuy melayang

3. Penjelasan singkat tentang sejarah tari Melinting di masa penjajahan

YANG DIBUAT DALAM 1 VIDEO UTUH BERDURASI MAKSIMAL 3 MENIT

Caranya gimana ???? 😱😱😱

Jangan sedih !!!

1. Pelajari materi kolaborasi yang diberikan guru kalian di mapel IPA, IPS, dan SBK masing2 kelas

2. Setelah semua materi kalian pelajari mulailah membuat video

3. Video berdurasi maksimal 3 menit. Silakan edit sekreatif mungkiin

4. Kumpulkan tugas kalian paling lambat pada Senin, 12 April 2021 jam 12 malam

5. Tugas ini berlaku untuk siswa kelas 8A, 8B, 8C, 8D, 8E, 8F, dan 8G tanpa terkecuali

6. Setelah video selesai dibuat POSTINGLAH VIDEO KALIAN DI INSTAGRAM KALIAN MASING2 dengan menetapkan hastag #pjblspalga, #pjblseni, #pjblips, dan #pjblipa. Tag akun IG @humas,spalga, @andreyhasan, @muhammadzopi, @yayasan_al azhar_lampung, @putrimia, dan akun IG guru2 spalga lainnya.

KELAR DEH TUGASNYA πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£

SATU TUGAS UNTUK 3 MAPEL. Setujuuu ...????

Demikian blog kali ini ibu ucapkan selamat berjuang, selamat berkarya, dan selamat jadi pintar ❤πŸ™

Wassalamualaikum

13 komentar:

  1. assalamualaikum bu,terimakasih tugas dan penjelasan nya
    bintang mutiara 8G

    BalasHapus

  2. JACKPOT yang besar hanya di AJOQQ :D
    WA : +855969190856

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum Bu Terimakasih atas materi dan tugasnya
    Dhea Agustina 8G

    BalasHapus
  4. assalamualaikum bu trimakasih atas tugas dan materinya-tazkia 8g

    BalasHapus
  5. Assalamu'alaikum bu terimakasih atas tugasnya
    Reihan abiyoza 8G

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum bu trimkasih atas tugasnya
    raditya rizky 8G

    BalasHapus
  7. Assalamu'alaikum bu terimakasih tugas nya
    Fatiha arta 8G

    BalasHapus
  8. Assalamu'alaikum bu terimakasih tugas nya
    Dian frizca 8G

    BalasHapus
  9. assalamualaikum bu, terima kasih
    -samantha 8G

    BalasHapus
  10. assalamualaikum, trmkshh bu
    alfarin8g

    BalasHapus
  11. assalamualaikum,terimakasih bu
    bintang 8G

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum bu terimakasih
    -HARISTRADA8G

    BalasHapus
  13. assalamualaikum Bu trimakasih-tazkia 8g

    BalasHapus